Translate

11 April 2008

memasak itu menyenangkan

Buat saya, memasak itu menyenangkan ... menyenangkan sekali malah! :)

Bukan berarti saya jago masak loh ... sayapun seringkali gagal di dapur. Terkadang karena tidak teliti membaca resep (entah itu bahannya atau caranya, inginnya gerak cepat dan cari praktisnya aja), kadang suka sok tahu dengan mengganti atau mengurangi bahan (menyesuaikan dengan isi kulkas :P), kadang pakai resep kira-kira tergantung mood hari itu. Padahal contekan resep sih banyak banget ... hehehehe ...

Tapi ... nggak jarang juga, dari coba-coba maupun yang dirasa gagal ... ternyata malah enak. Looohhh, kok bisa? :D Mungkin karena kadang-kadang resep yang kita coba, belum tentu seleranya sama dengan selera kita kali ya ;)

Terlepas dari hasilnya ... (di rumah kami cuma ada kata enak atau enak banget) ... yang penting adalah semangat untuk mencoba terus sampai menemukan hasil yang maksimal. Buktinya, kalau suamiku ditanya, enak nggak? Jawabannya "Enak ... tapi kurang asin/tapi kok keras/tapi kok rada gosong ... " :)) (judulnya kan enak ... walaupun mungkin terpaksa jawabnya daripada saya nggak mau masak lagi hehehe ...)

Kadang, menurut saya rasanya biasa saja, tapi menurut orang lain ternyata rasanya enak. Kembali lagi ke selera masing-masing. Beruntung juga sekarang ada internet, sumber informasi yang tak ada batasnya. Bahkan kita bisa 'bertamu' ke dapur tetangga dan bertukar ilmu ...

Biar bagaimanapun harus bersyukur, kita jauh lebih beruntung. Paling tidak, kita bisa bertanya "mau makan apa hari ini?", memilah-milah beberapa pilihan sampai menemukan mana yang paling cocok dengan selera kita saat ini ... bukan (dan semoga tidak) ... "apakah saya bisa makan hari ini?"

Kalau kita menikmati prosesnya, hasilnya pasti juga akan baik. Gagal atau kurang enak? Tinggal belajar dari pengalaman dan coba lagi. Percayalah, rasanya puas banget kalau bisa menyajikan sesuatu yang dibuat sendiri, apalagi kalau setelah melalui sedikit perjuangan ;)

Mulai saja dari membuat sesuatu yang
simple ... semakin banyak mencoba, kita akan semakin mendalami dan mengetahui sehingga pada akhirnya proses memasak tidak serumit yang dibayangkan kok :P

Suami saya ... lebih hebat lagi! Dari nggak pernah masuk dapur, sekalinya masuk dapur ... awalnya bantuin saya karena nggak tega melihat saya sudah mulai kewalahan menerima pesanan ... eh, sekarang sudah bisa buat sendiri dan sudah manggang ratusan kue ... Sudah bisa bilang "kuenya udah wangi nih, sudah siap diangkat" :D

Jadi, mulai sekarang ... jangan takut untuk mencoba ... dan selamat membahagiakan orang-orang tercinta di sekeliling Anda :)

No comments: